Langsung ke konten utama

BALIKPAPAN, SUDAH SIAP MEA 2015?

Selamat Pagi gengs,
saya harap selalu sehat dan diberikeberkahan oleh yang maha kuasa untuk seluruh anak muda kalimantan timur.

khusus untuk Balikpapan, Kali ini saya akan sedikit banyak menulis tentang MEA 2015.
 saya rasa temen-temen sudah tahu apa itu MEA 2015 ? Saya yakin sudah dan semoga sudah :)
berikut saya akan share salah satu link untuk mendiskripsikan bagi temen-temen yang ingin mengetahui lebih jauh tentang MEA 2015
http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2014/08/140826_pasar_tenaga_kerja_aec

 
Photo Source : http://www.pusakaindonesia.org/wp-content/uploads/2014/12/Masyarakat-Ekonomi-Asean-Tantangan-Indonesia-2015.jpg



Masih ada referensi lain yang temen-temen bisa dapat selain dari yg saya share diatas, so jangan males-males membaca ya ! Biar Daerah SIAP , SDM SIAP, INDONESIA SIAP!

Menurut saya dari segi mata anak muda, Balikpapan masih belum siap, Kenapa?
Masih banyak anak muda di usia produktif yang menyepelekan MEA serta masih belum memahami apa langkah yang harus dilakukan untuk menghadapi MEA 2015.
Balikpapan adalah kota dengan penduduk heterogen yang memiliki bermacam-macam suku budaya itu dapat menjadi keuntungan buat kita tapi juga menjadi kerugian , keuntungan jika kita mampu mengambil peluang untuk memenuhi kebutuhan orang-orang dengan berbagai latar belakang dan kerugian jika kita hanya diam dirumah hanya mengecek twitter, path, instagram, dll ,memiliki ide yang banyak tapi tidak di implementasikan.
 Memang tidak semua anak-anak Balikpapan tidak siap, ada beberapa dari kami yang sedang mempersiapkan dari jauh-jauh hari dengan memperbanyak pengetahuan ,mengejar prestasi, masuk dalam anak muda yang beruntung untuk mengeyam pendidikan diluar negeri, mengikuti berbagai macam konferensi yang mendukung passion kita dan bahkan menginisiasi untuk membuat sosialisasi seperti yang dilakukan Komunitas INSPIRASI MUDA KALTIM ( @IMKALTIM ) tentang MEA 2015, dan saya yakin temen-temen yang hadir telah diberi bekal dan gambaran tentang MEA 2015.

 
Photo Source : Inspirasimudakaltim.org



kembali lagi ke keheterogenan balikpapan, temen-temen dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berwirausaha disegala bidang dengan melihat kebutuhan pasar dengan melakukan survey dan melihat dari segi keunikan setiap budaya yang ada di kota ini, bagaimana mencari peluang itu?
Saya ambil satu contoh misal  ; ambil salah satu bahan baku dengan produksi yang melimpah dibalikpapan dan buat itu menjadi olahan yang memiliki cirri khas yang menggambarkan balikpapa contoh Seperti salah satu batu loncatan BangYog yaitu  PEPES KEPITING BALIKPAPAN ( Bisa di cek di instagram @Pepiting_balikpapan ) yang abang harap bias jadi makanan dan oleh-oleh khas dari Balikpapan berhubung Balikpapan terkenal denga seafoodnya. 

Instagram : @Pepiting_Balikpapan


Kalian juga bisa mencari batu loncatan kalian untuk membuat suatu usaha, usaha tidak hanya dari Sumber Daya Alam lo tapi juga dapat dari Sumber Daya Manusia (misal ; Buat EO jika kalian senang mengorganisir/membuat suatu acara)  . itu bisa jadi salah satu opsi untuk mengembangkan keahlian kalian menjadi bos dikota sendiri dengan berwirausaha, tapi eittzz tidak hanya disitu. kamu juga harus terus konsisten mengembangkan usaha yang kamu mulai dengan melengkapi produk dengan sertifikasi kesehatan, kehalalan dari MUI itu juga dapat memperkuat produk anda untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.


Ga berhenti disitu , pengembangan individu juga perlu loh, seperti memperbanyak sertifikasi keahlian diri kalian sesuai passion dan kemampuan kalian , gimana sertifikasinya ?? ikutin kegiatan pelatihan/sertifikasi dari pemerintah untuk membentuk keahlian kalian ataupun bisa dari dinas swasta ,
untuk contoh abang sekarang berumur 20 tahun sekarang sudah tersertifikasi dalam dunia perminyakan dimana saya mengikuti kursus untuk menambah skill kemampuan saya, yang pertama saya mempunyai sertifikasi untuk Fire Rescue dari Pusat pelatihan Sungai Gerong , Palembang dan Gas tester ( pengecekan Gas berbahaya dalam refinery ) dari PT PERTAMINA RU V Balikpapan, dan insyaallah akan ditambah lagi dan masih terus belajar.

1.0 Sertifikasi Gas tester


itu hanya sebagai contoh untuk temen-temen mengembangkan keahlian dengan memperbanyak sertifikasi untuk bersaing dengan tenaga kerja asing nantinya. itu adalah bekal yang harus kalian miliki selain ijazah tentunya, dan masih banyak lagi yang bisa kalian lakukan.

Jangan pernah kendurkan smangatmu untuk menjadi kompetitor untuk sesama warga negara maupun tenaga asing yang saya lihat dari pemuda balikpapan, temen-temen sudah sangat aware terhadap Social Media itu dapat menjadi batu loncatan juga loh untuk mencari informasi tentang apa yang harus dipersiapkan dan apa saja jalur yang dapat kita tempuh untuk mempersiapkan MEA 2015 mulai dari melihat kesempatan beasiswa diluar negeri hingga mengikuti konferensi tingkat nasional maupun internasional.
itu juga bisa jadi nilai tambah temen-temen untuk memperbanyak pengalaman dan pengetahuan tentang MEA serta memperbanyak relasi yang nantinya akan memberikan jalur kekalian untuk meraih passion kalian. Dengan mempebanyak pelatihan dan mengikuti konferensi kalian tidak hanya menambah relasi dan membuat pintu kesempatan baru untuk membuat diri kalian ter Upgrade dengan hall-hal baru yang positif.

Oya, berikut abang kasi referensi alamat web yang bisa kalian manfaatkan untuk mengikuti kegiatan yang mendongkrak potensi diri kalian di nasional/internasional :

Future Leader Summit (FLS) adalah konferensi nasional pemuda tahunan yang digagas oleh Nusantara Muda sejak tahun 2011. Acara ini ditujukan untuk mengintegrasikan pemuda-pemuda Indonesia untuk memaksimalkan kontribusi untuk bangsa Indonesia.


3.      http://global-changemakers.net/

Insipirasi muda Kalimantan timur memiliki kegiatan tahunan Borneo Youth Change Makers ditujukan untuk memaksimalkan kontribusi Pemuda Kalimantan untuk membangun daerahnya. Kegiatan ini diikuti pemuda Kalimantan yang terdiri dari 5 provinsi diseluruh Kalimantan.


Masih banyak lagi jika kalian memanfaatkan kesempatan sungguh-sungguh , Selamat Menginspirasi and GET READY FOR MEA!

YOGA PRATAMA

DARE TO DREAM AND ACT NOW
BEKERJA,BERBAGI,BERSINERGI




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Energi Panas Bumi Indonesia

Hallo Bosku! Kemarin di #15HariCeritaEnergi BangYog ngebahas tentang pemanfaatan panas bumi di Indonesia dan Dunia. Kali ini abang bakal ngebahas mengenai panas bumi Indonesia dan tantangannya dalam pengembangannya. Energi panas bumi sebagai energi terbaharukan masih memerankan posisi penting di Indonesia. Potensi Panas bumi di Indonesia mencakup 40% potensi panas bumi di dunia atau 28.910MW, Ini merupakan potensi terbesar yang di miliki Indonesia. Dengan terus memaksimalkan dan mengembangkan sumur-sumur panas bumi yang belum di produksi di masa yang akan datang, Indonesia akan memiliki fondasi penting dalam sektor energi terbaharukan dengan memanfaatkan energi panas bumi.  www.esdm.go.id Dari data di atas hanya 1.403,5 MW yang sudah terpasang dan terproduksi, masih ada 1.590 MW PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang masih belum terbit izin/persiapan lelang, dan 3.210 MW belum berproduksi yang tersebar dari pulau sumatera hingga timur maluku. Sebelum membahas

Merangkai Mimpi, Bersinergi

Bonjour People! Mimpi adalah rangkaian cita-cita yang menjadi nyata jika disertai usaha, Mimpi setiap insan manusia memang tak ada batasnya begitu juga usaha kita. Pada akhirnya insan yang bisa meraih mimpi adalah ia yang mampu bertahan dan berusaha sejauh ia menggantungankan cita-citanya. Tulisan ini akan menceritakan salah satu rangkaian mimpi saya hingga hari ini. Berawal dari awal tahun 2017 saya mengikuti kompetisi #15HariCeritaEnergi yang diadakan Kementrian ESDM RI. Kompetisi ini merupakan kompetisi menulis tentang energi terbaharukan selama 15 hari berturut-turut. Selama beberapa bulan seleksi dari 400 peserta terpilih 10 finalis dari berbagai daerah, Saya menjadi satu-satunya peserta dari Kalimantan yang lolos pada saat itu dan kemudian di undang untuk menghadiri International Clean Energy Forum (ICEF) 2017 untuk menghadiri Youth Forum dan rangkaian tes selanjutnya yaitu presentasi tulisan. Saat Presentasi di ICEF 2017. Saya mengambil tema tentang memb

Day 1 IEA Forum, Menghirup Kenikmatan Di kota Paris

Denting jam terus bergulir, Abang sudah menyiapkan segala perlatan untuk memulai perjalanan panjang sejauh 14 jam ke benua biru. Berangkat dari Balikpapan abang menuju Surabaya kemudian menembus kota pahlawan menuju ke Kabupaten Malang untuk menghadiri undangan pernikahan salah satu Duta Wisata Malang yang dulu juga satu keluarga Duta wisata seluruh Indonesia, Tak lama di Malang, Abang hanya 2 hari kemudian kembali ke bandara Surabaya untuk terbang menuju ibu kota. Ahh, Suasana yang sudah biasa ketika sampai di Jakarta, Macet, Ramai dan padat. Keberangkatan abang memang baru esok hari, Sengaja memang untuk stay di Jakarta agar penantian beberapa bulan lalu berjalan sesuai rencana. Penantian setelah melewati gempuran mencari ide, Merangkai kata dalam tulisan, serta melakukan aksi yang sekaligus hobi yang sukses di tahap pertama. Di tahap kedua #15HariCeritaEnergi mengulas tulisan lewat presentasi yang diuji oleh juri dari berbagai kompetensi yang akhirnya membuat salah sat