Langsung ke konten utama

PRATAMA FOUNDATION


Hallo Bosku!

Lama ga entri cerita nih sebelum ngelanjutin pengalaman abang selanjutnya, BangYog bakal kasi kabar baik ke kalian nih sebagai anak muda Kalimantan Timur. Sejak berumur 15 tahun saya pribadi bermimpi untuk memiliki Yayasan Sosial dengan tujuan membangun daerah dan memberdayakan potensi anak muda Kalimantan Timur. Alhamdulillah dengan rezeki yang saya miliki pada tahun 2014 mimpi itu terealisasi dengan ikut menyumbang bantuan ke delegasi Balikpapan yang berangkat mengikuti konferensi ke negeri sakura. Pada tahun 2017 ini abang akan memberikan kembali beasiswa untuk mengikuti salah satu forum KUMBANG Earth Hour dari WWF yang akan di laksanakan di area JABODETABEK pada tahun 2018. Tujuan dan harapannya adalah memberi semangat anak muda daerah yang berpotensi untuk berkontribusi di taraf Nasional dan Internasional untuk memajukan daerah Kalimantan Timur khususnya.Nah syaratnya akan abang jelaskan di bawah.


Pratama Foundation merupakan yayasan sosial yang telah dibangun oleh BangYog sejak tahun 2014, Pratama Foudation bergerak di bidang pemberdayaan pemuda yang memiliki Visi membangun potensi pemuda daerah dengan berdasar 3 pilar utama Kebahagiaan, Nasionalisme, Dan Pemberdayaan.

Lambang Pratama Foundation berwarna Merah, Kuning, dan Hijau yang memiliki filosofi
Merah  : Melakukan aksi nyata dengan semangat untuk membangun Indonesia.
Kuning : Mengedepankan dan menyebarkan kebahagiaan dalam mengembangkan setiap potensi anak muda.
Hijau   : Merangkul Setiap anak muda Indonesia dalam aksi positif melalui kedamaian dan dinamisasi teknologi.
Tulisan Pratama merupakan nama Founder Pratama Foundation yaitu Yoga Pratama.
Dalam mewujudkan aksi nyata untuk membangun Kalimatan Timur dalam berkolaborasi dengan setiap daerah untuk membangun Indonesia, Pratama Foundation berusaha membantu dalam pengembangan setiap potensi anak muda daerah dengan melakukan pemberdayaan maupun dukungan finansial untuk menggapai setiap mimpi anak muda Kalimantan Timur.
Di tahun 2017 ini PRATAMA FOUNDATION akan memberikan beasiswa untuk anak muda daerah Kalimantan Timur yang berpotensi dalam bidang energy dan lingkungan. Beasiswa yang akan diberikan merupakan pembiayaan transportasi untuk menjadi Delegasi dalam KUMBANG Earth Hour WWF Forum 2017 yang akan diadakan diarea JABODETABEK pada tahun 2018. Kami ingin kalian menjadi agen perubahan untuk membangun Kalimantan Timur dalam segala aspek bidang yang juga membawa kearifan lokal Kalimantan Timur. Apakah Kamu delegasi selanjutnya?!



Syarat Pendaftar beasiswa PRATAMA FOUNDATION :

1.       Pemilihan kandidat calon peserta KUMBANG Earth Hour

a.       Voluntir Earth Hour Balikpapan

b.      Berdomisili di Balikpapan

c.       Usia 17-23 Tahun

d.      Follow Akun Earth Hour Balikpapan di Instagram

e.      Mengupload Isue Earth Hour/ 7 tantangan Aksi

f.        Tag @ehbalikpapan & @yogpratam

g.       Periode pemilihan 11-18 Januari2018

h.      Pengumuman 21 Januari 2018

i.         Menggunakan konten hastag #Beasiswapratamafoundation #BeasiswaEHBPNKumbang2018 #EarthHour #EHBalikpapan #LingkunganBalikpapan #WeLoveBalikpapan


1.       A. Isue Earth Hour

1.       Kertas dan Tisue

2.       Plastik

3.       Energi/ hemat Air

4.       Beli Yang Baik

5.       Transportasi Publik


B. 7 Tantangan Aksi

1. Tumbler

2. Tas Belanja Pakai Ulang

3. Transportasi Umum

4. Menanam pohon

5. Hemat Listrik

6.  Hemat Tisue dan Kertas

7. Daur Ulang

Bagi delegasi yang lolos menjadi penerima beasiswa di wajibkan untuk :
1.      Membagikan cerita pengalaman menjadi penerima beasiswa PF di blog pribadi.

2.    Bersedia untuk membagikan ilmu yang didapat saat KUMBANG WWF Forum ke Volunteer Earth Hour Balikpapan dan siap berkontribusi aktif ke depannya.
Partisipan beasiswa akan dinilai langsung oleh pihak Pratama Foundation dan keputusan tidak dapat diganggu gugat. 
Semoga segala hal positif yang di lakukan dapat memberi manfaat kepada seluruh pihak yang terlibat dan dapat menyalurkan semangat untuk terus melakukan aksi positif di Earth Hour Balikpapan dan Masyarakat Kalimantan Timur.


Salam,


Yoga Pratama
@yogpratam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Energi Panas Bumi Indonesia

Hallo Bosku! Kemarin di #15HariCeritaEnergi BangYog ngebahas tentang pemanfaatan panas bumi di Indonesia dan Dunia. Kali ini abang bakal ngebahas mengenai panas bumi Indonesia dan tantangannya dalam pengembangannya. Energi panas bumi sebagai energi terbaharukan masih memerankan posisi penting di Indonesia. Potensi Panas bumi di Indonesia mencakup 40% potensi panas bumi di dunia atau 28.910MW, Ini merupakan potensi terbesar yang di miliki Indonesia. Dengan terus memaksimalkan dan mengembangkan sumur-sumur panas bumi yang belum di produksi di masa yang akan datang, Indonesia akan memiliki fondasi penting dalam sektor energi terbaharukan dengan memanfaatkan energi panas bumi.  www.esdm.go.id Dari data di atas hanya 1.403,5 MW yang sudah terpasang dan terproduksi, masih ada 1.590 MW PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang masih belum terbit izin/persiapan lelang, dan 3.210 MW belum berproduksi yang tersebar dari pulau sumatera hingga timur maluku. Sebelum membahas

Merangkai Mimpi, Bersinergi

Bonjour People! Mimpi adalah rangkaian cita-cita yang menjadi nyata jika disertai usaha, Mimpi setiap insan manusia memang tak ada batasnya begitu juga usaha kita. Pada akhirnya insan yang bisa meraih mimpi adalah ia yang mampu bertahan dan berusaha sejauh ia menggantungankan cita-citanya. Tulisan ini akan menceritakan salah satu rangkaian mimpi saya hingga hari ini. Berawal dari awal tahun 2017 saya mengikuti kompetisi #15HariCeritaEnergi yang diadakan Kementrian ESDM RI. Kompetisi ini merupakan kompetisi menulis tentang energi terbaharukan selama 15 hari berturut-turut. Selama beberapa bulan seleksi dari 400 peserta terpilih 10 finalis dari berbagai daerah, Saya menjadi satu-satunya peserta dari Kalimantan yang lolos pada saat itu dan kemudian di undang untuk menghadiri International Clean Energy Forum (ICEF) 2017 untuk menghadiri Youth Forum dan rangkaian tes selanjutnya yaitu presentasi tulisan. Saat Presentasi di ICEF 2017. Saya mengambil tema tentang memb

Day 1 IEA Forum, Menghirup Kenikmatan Di kota Paris

Denting jam terus bergulir, Abang sudah menyiapkan segala perlatan untuk memulai perjalanan panjang sejauh 14 jam ke benua biru. Berangkat dari Balikpapan abang menuju Surabaya kemudian menembus kota pahlawan menuju ke Kabupaten Malang untuk menghadiri undangan pernikahan salah satu Duta Wisata Malang yang dulu juga satu keluarga Duta wisata seluruh Indonesia, Tak lama di Malang, Abang hanya 2 hari kemudian kembali ke bandara Surabaya untuk terbang menuju ibu kota. Ahh, Suasana yang sudah biasa ketika sampai di Jakarta, Macet, Ramai dan padat. Keberangkatan abang memang baru esok hari, Sengaja memang untuk stay di Jakarta agar penantian beberapa bulan lalu berjalan sesuai rencana. Penantian setelah melewati gempuran mencari ide, Merangkai kata dalam tulisan, serta melakukan aksi yang sekaligus hobi yang sukses di tahap pertama. Di tahap kedua #15HariCeritaEnergi mengulas tulisan lewat presentasi yang diuji oleh juri dari berbagai kompetensi yang akhirnya membuat salah sat