Langsung ke konten utama

Day 2, Tensi Presentasi diredam dengan makan di Cafe Pengkolan



Hari kedua di kota croissant, terbangun dipagi yang gelap untuk sholat subuh sebelum memulai kegiatan. Dingin cuaca paris menyerbak bak batu es, 11 derajat kulihat di smartphoneku, Suasana masih gelap ketika aku siap padahal sudah menunjukkan 07.00 am, wajar karna perbedaan waktu yang cukup jauh dari Indonesia, 6 jam lamanya. Kami bertiga mempersiapkan amunisi untuk mempresentasikan topic kami sebaik mungkin, Suasana Pagi di paris sungguh nikmat, lalu lalang manusia semakin ramai, Kendaraan yang melintas juga tak semacet di ibu kota. Ya karna moda transportasi disana sudah memadai mulai dari bus, EV, hingga metro. Jarak ke Forum IEA hanya selemparan batu yang lempar berkali-kali maksudnya,haha. Kurang lebih 500 meter hingga sampai di IEA Paris. Melewati bangunan super cantik, decak metro lalu lalang, begitupun warga paris selalu fashionable.
Penulis di depan IEA HQ, Paris.


Sesampai kami di IEA HQ kami langsung di sambut Kierran, Diajaknya kami kembali berkeliling kantor di pusat kota Paris untuk menyapa beberapa karyawan dan mengenalkan delegasi Indonesia yang bertandang ke IEA Paris.

Pemandangan dengan latar menara Eiffel dari IEA HQ.

Sampailah kami di salah satu ruangan yang berlatar langsung menara Eiffel sebagai tempat Forum dan Presentasi kami. Sambil mempersiapkan presentasi kami kami menikmati pemandangan yang ada disetiap sudut kota paris, Pintu masuk berdenyit masuklah Chief Economic IEA HQ Paris yang bergabung bersama kami.

Sambutan Chief Economic of IEA HQ Paris.

Beliau memberikan kata sambutan dan membuka Forum di Hari Pertama kami. Pesan yang tersirat adalah Kami sangat senang menerima delegasi Indonesia untuk datang ke IEA dalam IEA Forum yang juga mempererat kerjasama antara Indonesia dengan IEA. 
Forum kembali di lanjutkan, Abang mendapatkan kesempatan pertama untuk memaparkan presentasi mengenai Potensi Energi Terbaharukan dan Pemberdayaan pemuda di Indonesia dengan Judul "The Synergy to Built the Country".



BangYog saat memaparkan Presentasi.

Perkembangan EBT di Indonesia masih harus di kembangankan dan kita masih harus terus memperbaikinya, Terutama dalam membuat regulasi yang effisien dalam pembangunan energy terbaharukan. Ini juga menjadi PR kita bersama untuk terus membuat program yang baik dan berkelanjutan. Dalam Salah satu presentasi saya, saya menguatkan kerjasama dalam membangun pembangunan berkelanjutan dengan mengutamakan 4 elemen penting:
Pertama "Government", Bekerjasama dengan pemerintah sebagai pembuat regulasi, Dengan kerjasama dan masukan langsung yang berkesinambungan kita dapat membuat regulasi yang sesuai dengan kondisi pasar dan masyarakatnya.
Kedua "Society", Masyarakat memegang peranan penting dalam pengaplikasian regulasi, Proses demokrasi Indonesia yang berlandas atas suara rakyat yang menjadi suara yang menentukan membuat regulasi yang baik adalah regulasi yang mensejahterakan rakyatnya. Society menjadi garda terdepan dalam pemanfaatan energy terbaharukan, dengan meningkatnya pengguna energy terbaharukan rasio elektrifikasi dalam penggunaan energy terbaharukan di Indonesia akan meningkat.
Ketiga "Youth", Indonesia akan mendapatkan bonus demografi pada tahun 2025 yang artinya lebih dari 60% populasi di Indonesia adalah anak muda usia produktif yang di persiapkan untuk menjadi penerus bangsa. Ini jadi kesempatan kita untuk menjadikan anak muda tonggak dalam kerjasama dalam membangun energy berkelanjutan di Indonesia, Menjadikan anak muda sebagai inovator yang menggerakkan masyarakat dalam peningkatan penggunaan EBT dan Anak muda dapat mengambil peranan penting dari bonus demografi ini serta menjadikan regulasi yang sebelumnya menjadi lebih baik.
Keempat "Non Government Organization/ Community", NGO bertindak sebagai fasilitator antara masyarakat, anak muda dan pemerintah. NGO juga sebagai wadah untuk membuat program-program berkelanjutan yang pro rakyat.


Dengan adanya kolaboraksi antara 4 elemen penting ini dimulai dari pemerintah sebagai pembuat regulasi, Masyarakat yang memonitor regulasinya, anak muda sebagai penerus generasi pemimpin bangsa, dan NGO sebagai fasilitator antara ketiganya akan menciptakan sinergi yang menjadikan tujuan Indonesia untuk mencapai 23% bauran energy terbaharukan tercapai pada tahun 2025.

Slide Presentasi #BangYog.

Presentasi selesai dan kami melanjutkan diskusi panjang hingga sore hari, Pemaparan materi mengenai regulasi, pemanfaatan, dan perkembangan energy dari seluruh dunia disampaikan par professional dari IEA Paris. Pandangan dari berbagai Negara mulai dari New York, India, Rusia, Jepang, Australia, Eropa dan banyak lagi di paparkan. Indonesia masih harus banyak belajar dan memperbaiki regulasi dalam penggunaan dan pemanfaatan Energi Terbaharukan.

Pemaparam presentasi dari Proffesional International Energy Agency Paris.

Sebagai anak muda saya masi harus belajar banyak khususnya dalam pengembangan energy terbaharukan di Indonesia. Pertumbuhan dan investasi energy terbaharukan di Indonesia baru 0.4% jauh di banding Negara eropa yang sudah >60%. Ini tugas kita bersama untuk menjadikan Indonesia yang kaya SDA menjadi lumbung energy terbaharukan dunia dan dengan berkolaboraksi bersama kita bisa mencapai sinergi untuk membangun Indonesia pemimpin dalam energy terbaharukan.


Forum IEA Paris di hari pertama di tutup dengan makan di restoran di sudut kota paris sambil menikmati suasana dinginnya kota Paris, Perancis. Bersantai di setiap sudut kota paris begitu menyegarkan setelah melalui tensi presentasi yang menarik hingga menghirup suasana kota mode dan menikmati coklat panas dan makanan khas paris di restoran dekat jalan utama tepat di pengkolan paris.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Energi Panas Bumi Indonesia

Hallo Bosku! Kemarin di #15HariCeritaEnergi BangYog ngebahas tentang pemanfaatan panas bumi di Indonesia dan Dunia. Kali ini abang bakal ngebahas mengenai panas bumi Indonesia dan tantangannya dalam pengembangannya. Energi panas bumi sebagai energi terbaharukan masih memerankan posisi penting di Indonesia. Potensi Panas bumi di Indonesia mencakup 40% potensi panas bumi di dunia atau 28.910MW, Ini merupakan potensi terbesar yang di miliki Indonesia. Dengan terus memaksimalkan dan mengembangkan sumur-sumur panas bumi yang belum di produksi di masa yang akan datang, Indonesia akan memiliki fondasi penting dalam sektor energi terbaharukan dengan memanfaatkan energi panas bumi.  www.esdm.go.id Dari data di atas hanya 1.403,5 MW yang sudah terpasang dan terproduksi, masih ada 1.590 MW PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang masih belum terbit izin/persiapan lelang, dan 3.210 MW belum berproduksi yang tersebar dari pulau sumatera hingga timur maluku. Sebelum membahas

Merangkai Mimpi, Bersinergi

Bonjour People! Mimpi adalah rangkaian cita-cita yang menjadi nyata jika disertai usaha, Mimpi setiap insan manusia memang tak ada batasnya begitu juga usaha kita. Pada akhirnya insan yang bisa meraih mimpi adalah ia yang mampu bertahan dan berusaha sejauh ia menggantungankan cita-citanya. Tulisan ini akan menceritakan salah satu rangkaian mimpi saya hingga hari ini. Berawal dari awal tahun 2017 saya mengikuti kompetisi #15HariCeritaEnergi yang diadakan Kementrian ESDM RI. Kompetisi ini merupakan kompetisi menulis tentang energi terbaharukan selama 15 hari berturut-turut. Selama beberapa bulan seleksi dari 400 peserta terpilih 10 finalis dari berbagai daerah, Saya menjadi satu-satunya peserta dari Kalimantan yang lolos pada saat itu dan kemudian di undang untuk menghadiri International Clean Energy Forum (ICEF) 2017 untuk menghadiri Youth Forum dan rangkaian tes selanjutnya yaitu presentasi tulisan. Saat Presentasi di ICEF 2017. Saya mengambil tema tentang memb

Day 1 IEA Forum, Menghirup Kenikmatan Di kota Paris

Denting jam terus bergulir, Abang sudah menyiapkan segala perlatan untuk memulai perjalanan panjang sejauh 14 jam ke benua biru. Berangkat dari Balikpapan abang menuju Surabaya kemudian menembus kota pahlawan menuju ke Kabupaten Malang untuk menghadiri undangan pernikahan salah satu Duta Wisata Malang yang dulu juga satu keluarga Duta wisata seluruh Indonesia, Tak lama di Malang, Abang hanya 2 hari kemudian kembali ke bandara Surabaya untuk terbang menuju ibu kota. Ahh, Suasana yang sudah biasa ketika sampai di Jakarta, Macet, Ramai dan padat. Keberangkatan abang memang baru esok hari, Sengaja memang untuk stay di Jakarta agar penantian beberapa bulan lalu berjalan sesuai rencana. Penantian setelah melewati gempuran mencari ide, Merangkai kata dalam tulisan, serta melakukan aksi yang sekaligus hobi yang sukses di tahap pertama. Di tahap kedua #15HariCeritaEnergi mengulas tulisan lewat presentasi yang diuji oleh juri dari berbagai kompetensi yang akhirnya membuat salah sat