Langsung ke konten utama

Ini Dia Pemanfaatan Panas Bumi Indonesia dan Dunia!

Hallo Bosku!
#15HariCeritaEnergi Hari ini BangYog bakal ngebahas tentang Salah satu energi terbaharukan yang di miliki Indonesia dan Dunia.

Banyak sekali sumber energi terbaharukan yang dapat di manfaatkan di Indonesia dan Dunia. Di mulai dari Matahari, Angin, Gelombang laut, Biomassa, MikroHidro, Panas Bumi, dll.
Salah satu potensi terbesar di Indonesia dan Dunia adalah panas bumi.  Panas Bumi adalah sumber energi yang terkandung di dalam perut bumi. Menurut Pasal 1 UU No.27 tahun 2003 tentang Panas Bumi Panas Bumi adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem Panas Bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan.

Dengan kondisi Indonesia yang di lewati lempeng vulkanik yang tersebar mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara lalu berbelok ke Maluku dan Sulawesi. Indonesia memiliki Potensi panas bumi sebesar 28.910 MW atau mencakup 40% potensi panas bumi di Dunia. Sedangkan pemanfaatannya baru sebesar 1.343,5 MW, sekitar 4.6% dari potensi nasional. Menurut data tersebut pemanfaatan panas bumi di Indonesia masih relatif sangat kecil di banding dengan potensi panas bumi yang di miliki Indonesia dan Potensi tersebut perlu dikembangkan lebih lanjut dengan mengeksplorasi sumber panas bumi baru dan mengembangkan sumber panas bumi yang ada.
Photo Source: www.esdm.go.id

Potensi panas bumi sebagai energi terbaharukan tidak hanya ada di Indonesia tapi juga di beberapa negara di dunia. Berikut gambaran potensi panas bumi yang tersebar di beberapa negara di dunia:

1. Amerika Serikat
Saat ini 2.542 MW telah produksi di Amerika. Power plant panas bumi terdapat di California, Nevada, Utah dan Hawaii dengan wilayah yang terinstalasi di Alaska, Idaho, New Mexico, Oregon, dan Wyoming. California salah satu yang terbesar dengan lapangan produksi The Geysers dan Imperial Valley.

Lapangan Panas Bumi Amerika Serikat


2. Filipina
Di Filipina kapasitas panas bumi sekitar 1.870 MW dan berkontribusi sekitar 14 % dari pemakaian listrik dinegara tersebut, dimana daya berasal dari 7 lapangan produksi :
•Bacon-Manito/Sorsogon/Albay 131 MWe,
•Mak-Ban/Laguna 458 MWe,
•Mindanao/Mount Apo 108 MWe,
•Palinpinon/Negros Oriental 192 MWe,
•Tiwi/Albay 234 MWe,
•Maibarara 20 MWe dan
•Tongonan/Leyte 726 MWe
Terdapat beberapa Geothermal yang akan ditambahakan dengan tambahan kapasitas 20 MW di Maibarara dan 30 MW di Nasulo pada tahun 2014.

Lapangan Panas Bumi Philipine Leyte

3. Mexico
Kapasitas panas bumi di mexico sekitar 1.017 MW dengan 839 MW sudah di produksi. sekitar 80% potensi panas bumi telah di manfaatkan di mexico. Lapangan panas bumi di bagi menjadi 4 lapangan operasi :
•Cerro Prieto 720 MW,
•Los Humeros 94 MW,
•Los Azufres 194 MW dan
•Las Tres Virgenes 10 Mw
Dioperasikan oleh Comision federal de Electricidad, tambahan projek geothermal yang sedang dibangun meliputi: Los Azufres III with 50 MW and Los Humeros III-A with 27 Mw.
Lapangan Panas Bumi Mexico Cerro Pierto

4. Kenya
Di Kenya sebagian besar daerah yang bertemperatur tinggi berlokasi diantara Kenya rift valley. Lapangan Produksi panas bumi terbesar adalah Olkaria (591 MW) di eksploitasi sejak 1985, terus bertambah hingga 300 MW 2 tahun terakhir. Terdapat juga unit kecil yang beroperasi di Eburru (3 MW). Geothermal Development Company sedang melakukan pengeboran di lapangan panas bumi untuk menambah project 100 MW. Saat ini juga di lakukan eksplorasi di Eburru, Suswa, Longonot, Baringo, Korosi, Paka, Silali, dan Baringo-Silali dengan prediksi akan menambah 1500 MW di tahun yang akan datang.

Lapangan Panas Bumi Olkaria, Kenya.

5. Tukey
Pengembangan Panas bumi di turkey sudah sangat berkembang signifikan dengan penggunaan untuk kelistrikan , pemanas ruangan dan pariwisata panas bumi. Sekitar 225 lapangan geothermal ditemukan diturkey dan saat ini total produksi hamper 400 MW dengan lebih dari 350 MW lapangan baru.beberapa lapangan diantaranya:
•Ã‡anakkale-Tuzla 7 MW,
•Aydin-Hidirbeyli 68 MW,
•Aydin-Salavath 35 MW,
•Aydin-Germencik 98 MW,
•Aydin-Gümüsköy 7 MW,
•Denizli-Kizildere 107 MW,
•Aydin-Pamukören 48 MW,
•Manisa-Alasheir 24 MW,
•Denizli-Gerali 3 MW
Lapangan Panas Bumi Turkey
6.Italia
Italia memiliki langangan panas bumi tertua di dunia yaitu larderello. Terdapat 2 lapangan panas bumi besar di Italia: Larderello- Travale/Radicondoli (594.5 MW) and Mount Amiata. Pada tahun 2008, dengan lapangan yang berkapasitas 810.5 MW  , ditahun 2009 terdapat tambahan unit geothermal yang menambah kapasitas menjadi 843 MW. Semua lapangan panas bumi dioperasikan oleh Enel Green Power. Produksi geothermal di italia hanya 1.8% dari total energy listrik nasional, tetapi relevan untuk memenuhi 25 % regional seluruh Tuscany. 
Lapangan panas bumi Larderello, Italia.
7. Iceland
Produksi energy panas bumi di Iceland meningkat secara signifikan sejak tahun 2005 (sekitar 370 MW, 184% , diantara Negara-Negara lainnya) , dengan dibuat pabrik baru di Nesjavellir (30 MW), Hellisheidi (Dimulai tahun 2005 dengan 5 unit yang menghasilkan 213 MW) , Svartsengi (30 MW), dan Reykjanes (2 x 50 MW).
Lapangan panas bumi nesjavellir, Iceland.

8. Jerman
Produksi listrik jerman sangat didukung oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat.
Pabrik panas bumi pertama untuk pembangkit listrik di Jerman berada di Neustadt-Glewe, dengan kapasitas terpasang sekitar 230 KW dengan siklus biner menggunakan fluida panas bumi 98 derajat Celcius. Selain itu 10,7 MWth digunakan untuk pemanasan distrik dan ruang. Dua pabrik baru di Landau dan Unterhaching dimulai pada tahun 2008,masing-masing berkapasitas sekitar 3 MW, dan kapasitas pemanasan masing-masing sekitar 3,5 dan 38 MWh. 
Proyek tambahan untuk pemasangan lebih lanjut 10 MW direncanakan di beberapa lokasi. Paling sedikit setidaknya ada tiga proyek (Hagenbach / Upper Rhine Graben dan dua di wilayah Munich) pekerjaan pengeboran sudah dijadwalkan.
Konstruksi juga dimulai pada pembangkit hibrida energi biomassa / panas bumi di Neuried (Upper Rhine Graben). Kegiatan penelitian di situs R & D EGS di Groß Schöneck sedang berlangsung.
Lapangan panas bumi Neustadt-Glewe, Jerman.

9.Costarica

      Lapangan panas bumi Miravalles melanjutkan produktivitas (165 MW) dan unit pertama lapangan panas bumi las pailas telah di tugaskan pada tahun 2011 (42 MW), dan yang kedua di rencanakan, begitu juga di Borinquen dan Pocosol.
    Energi panas bumi terus menjadi muatan dasae untuk sistem kelistrikan di Costarica yang menghasilkan 15 % dari total pembangkit listrik nergara.      Eksploitasi Miravalles, dari Instituto Costarricense de Electricidad (ICE), dengan suhu sekitar 240 ° C, dimulai pada tahun 1994, dan telah mencapai keadaan mapan pada tahun 2003.
.  Kapasitas terpasang yang diharapkan dari negara tersebut akan mampu mengatasi 200 MW dalam beberapa tahun.  
Lapangan Panas Bumi Miravalles, Costarica.

10. El Salvador
       Di El Salvador energi panas bumi menjadi sumber utama kelistrikan sejak pertengahan 1970an, hingga saat ini kapasitas panas bumi di Negara ini mencapai 2014 MW. Lapangan panas bumi Achuachapan (95 MW), Berlin (109 MW) memenuhi 24% kebutuhan listrik di negara ini

Lokasi lapangan panas bumi Achuachapan, El Salvador.

11. Jepang
       Jepang memiliki lokasi yang menguntungkan untuk pembangkit panas bumi karena kedekatannya dengan Arc Izu-Bonin-Mariana. Pada tahun 2007, Jepang memiliki kapasitas pembangkit listrik terpasang 535,2 MW, sekitar 5% dari total dunia. Tenaga panas bumi memainkan peran kecil di sektor energi di negara ini: pada tahun 2013 memasok listrik sebesar 2596 GWh, mewakili sekitar 0,25% dari total pasokan listrik Negara.
      Hatsobaru Geothermal Power Plant hatsudensho Adalah pembangkit tenaga panas bumi besar di Prefektur Oita, Jepang. Pada 112 MW, ini adalah pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di negara ini.
Lapangan Panas Bumi Hatsobaru, Jepang.

        Beberapa negara di atas memiliki potensi dan produksi panas bumi yang relatif besar dan terdapat beberapa negara yang memanfaatkan energi panas bumi dengan baik seperti Amerika Serikat, Filipina, dan Iceland.
           Saat ini indonesia menempati urutan ke Tiga dengan produksi panas bumi terbesar di dunia setelah Filipina dan Amerika Serikat. Indonesia memiliki potensi panas bumi atau geothermal terbesar dunia. Bila potensi ini dimanfaatkan secara maksimal, Bukan tak mungkin indonesia akan menjadi negara terbesar pertama yang memanfaatkan energi panas bumi menjadi energi listrik. Indonesia berencana akan menambah kapasitas sebesar 7.200 MW melalui energi panas bumi pada 2025. Bila tercapai, maka indonesia akan mengalahkan dua negara terbesar yang memanfaatkan potensi panas bumi. Dengan terus mengembangkan lapangan panas bumi yang ada dan menambah kapasitas produksi lapangan panas bumi target peluang 23% penggunaan energi terbaharukan pada tahun 2025 bukan tidak mungkin akan tercapai.
         Sebagai masyarakat sudah tugas kita untuk mendorong pemerintah untuk terus melakukan pengembangan energi terbaharukan demi mencakupi kebutuhan energi bersih dan rasio elektrivitas Indonesia. Dan jika Indonesia dan seluruh dunia terus mengembangkan energi terbaharukan dampak yang di timbulkan dari penggunaannya akan semakin bertambah positif dengan pembangunan energi berkelanjutan dan bersama merubah perubahan iklim dengan energi terbaharukan. Semoga dengan informasi pemanfaatan panas bumi di berbagai negara semakin menguatkan kita sebagai masyarakat untuk yakin bahwa negara-negara seluruh dunia dan Indonesia telah melakukan langkah aktif dalam penggunaan energi bersih di masa yang akan datang dan mengurangi penggunaan energi fossil sebagai sumber daya yang tidak dapat di perbaharui.

Wujudkan Kedaulan Energi dengan pemanfaatan Energi Panas Bumi.
Informasi seputar energi Indonesia bisa juga di cek di www.esdm.go.id ya!
Salam Energi,


Yoga Pratama 
#15HariCerita Energi











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Energi Panas Bumi Indonesia

Hallo Bosku! Kemarin di #15HariCeritaEnergi BangYog ngebahas tentang pemanfaatan panas bumi di Indonesia dan Dunia. Kali ini abang bakal ngebahas mengenai panas bumi Indonesia dan tantangannya dalam pengembangannya. Energi panas bumi sebagai energi terbaharukan masih memerankan posisi penting di Indonesia. Potensi Panas bumi di Indonesia mencakup 40% potensi panas bumi di dunia atau 28.910MW, Ini merupakan potensi terbesar yang di miliki Indonesia. Dengan terus memaksimalkan dan mengembangkan sumur-sumur panas bumi yang belum di produksi di masa yang akan datang, Indonesia akan memiliki fondasi penting dalam sektor energi terbaharukan dengan memanfaatkan energi panas bumi.  www.esdm.go.id Dari data di atas hanya 1.403,5 MW yang sudah terpasang dan terproduksi, masih ada 1.590 MW PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang masih belum terbit izin/persiapan lelang, dan 3.210 MW belum berproduksi yang tersebar dari pulau sumatera hingga timur maluku. Sebelum membahas

Merangkai Mimpi, Bersinergi

Bonjour People! Mimpi adalah rangkaian cita-cita yang menjadi nyata jika disertai usaha, Mimpi setiap insan manusia memang tak ada batasnya begitu juga usaha kita. Pada akhirnya insan yang bisa meraih mimpi adalah ia yang mampu bertahan dan berusaha sejauh ia menggantungankan cita-citanya. Tulisan ini akan menceritakan salah satu rangkaian mimpi saya hingga hari ini. Berawal dari awal tahun 2017 saya mengikuti kompetisi #15HariCeritaEnergi yang diadakan Kementrian ESDM RI. Kompetisi ini merupakan kompetisi menulis tentang energi terbaharukan selama 15 hari berturut-turut. Selama beberapa bulan seleksi dari 400 peserta terpilih 10 finalis dari berbagai daerah, Saya menjadi satu-satunya peserta dari Kalimantan yang lolos pada saat itu dan kemudian di undang untuk menghadiri International Clean Energy Forum (ICEF) 2017 untuk menghadiri Youth Forum dan rangkaian tes selanjutnya yaitu presentasi tulisan. Saat Presentasi di ICEF 2017. Saya mengambil tema tentang memb

Day 1 IEA Forum, Menghirup Kenikmatan Di kota Paris

Denting jam terus bergulir, Abang sudah menyiapkan segala perlatan untuk memulai perjalanan panjang sejauh 14 jam ke benua biru. Berangkat dari Balikpapan abang menuju Surabaya kemudian menembus kota pahlawan menuju ke Kabupaten Malang untuk menghadiri undangan pernikahan salah satu Duta Wisata Malang yang dulu juga satu keluarga Duta wisata seluruh Indonesia, Tak lama di Malang, Abang hanya 2 hari kemudian kembali ke bandara Surabaya untuk terbang menuju ibu kota. Ahh, Suasana yang sudah biasa ketika sampai di Jakarta, Macet, Ramai dan padat. Keberangkatan abang memang baru esok hari, Sengaja memang untuk stay di Jakarta agar penantian beberapa bulan lalu berjalan sesuai rencana. Penantian setelah melewati gempuran mencari ide, Merangkai kata dalam tulisan, serta melakukan aksi yang sekaligus hobi yang sukses di tahap pertama. Di tahap kedua #15HariCeritaEnergi mengulas tulisan lewat presentasi yang diuji oleh juri dari berbagai kompetensi yang akhirnya membuat salah sat