Langsung ke konten utama

Barukan Energi, Barukan Negeri

Hallo Bosku!

Di #15HariCeritaEnergi hari ini BangYog bakalan cerita tentang potensi energi terbaharukan yang ada di Indonesia.
Indonesia menyimpan banyak sumber energi terbaharukan yang jika di manfaatkan dengan semaksimal mungkin akan menopang sumber energi negeri dan beralih dari energi fossil ke energi yang lebih bersih, lebih ramah lingkungan, dan berkelanjutan. 
Potensi yang sangat besar di Indonesia bisa di bilang sebagai lumbung energi terbaharukan dengan potensi pemanfaatan energi terbaharukan yang sangat besar, diantaranya: 
  1. Energi Tenaga Surya: Dengan potensi sebesar 112.000 GW pengembangan akan energi surya menjadi salah satu kebutuhan penting dimasa yang akan datang, sumber daya yang tersedia sepanjang tahun, cocok digunakan di daerah terisolir menjadikan listrik tenaga surya sangat potensial untuk dimanfaatkan. Indonesia adalah negara kepulauan dengan kondisi geografis yang begitu beragam, akses listrik sangat sulit terpenuhi di pelosok pulau, banyaknya daerah terpencil menjadi satu alasan energi tenaga surya menjadi sumber energi listrik yang harus di kembangkan di Indonesia untuk mengaliri listrik ke desa dengan kondisi dan akses yang tidak mudah di jangkau.
Photo Source: Google.com
  1. Energi Panas bumi; Dengan total potensi energi panas bumi lebih dari 28.910 MW Indonesia juga tercatat sebagai negara dengan potensi penghasil panas bumi terbesar jika dimanfaatkan semaksimal mungkin. Saat ini Indonesia telah bekerja sama untuk membangun perusahaan penghasil panas bumi, Di Indonesia telah terpasang 1.403,5 MW listrik tenaga panas bumi, tentu masih jauh dari potensi yang ada tetapi dengan terus mengembangkan sumber panas bumi yang ada dan menemukan sumber panas bumi yang baru, Potensi listrik yang bersumber dari panas bumi akan dapat di maksimalkan dan dapat mengaliri listrik tenaga panas bumi ke pelosok negeri Indonesia.
Photo Source: www.esdm.go.id
  1. Energi MikroHidro; Indonesia mengantongi kapasitas mikrohidro sebesar 3.456.650,2 kW, Dengan memanfaatkan potensi sumber energi mikrohidro sebesar itu dan mempertimbangkan keadaan geografis, akan membantu mengaliri listrik yang belum terpenuhi ke desa-desa di Indonesia.

Photo source: www.google.com

  1. Energi Angin: Energi terbaharukan yang bersumber dari energi angin juga memilik potensi yang strategis di Indonesia, Potensi energi angin di Indonesia umumnya berkecepatan lebih dari 5 meter per detik (m/detik). Hasil pemetaan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) pada 120 lokasi menunjukkan, beberapa wilayah memilik kecepatan angin diatas 5 m/detik, masing-masing Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Pantai Selatan Jawa. Adapun kecepatan angin 4 m/detik hingga 5m/detik tergolong berskala menengah dengan potensi kapasitas 10/100 kW.
Photo Source: Google.com
  1. Energi Biomassa : Jangan sepelekan masalah limbah mungkin kita tidak menyangka bahwa dengan mengolah kembali limbah dapat menghasilkan energi yang cukup besar, dibalik sisa-sisa hasil buangan konsumsi pabrik maupun bahan biologis yang belum lama mati limbah memiliki potensi untuk diolah kembali menjadi energi listrik, kerjasama perusahaan, masyarakat, dan pemerintah juga harus di lakukan untuk memaksimalkan energi Biomassa agar di konversi menjadi energi listrik. Menurut data www.esdm.go.id potensi biomassa di Indonesia mencapai 32.654 MW.
Photo Source : www.esdm.go.id

Potensi Energi Terbaharukan Indonesia sangat besar, Namun saat ini, Penggunaan energi terbaharukan di Indonesia hanya sebesar 6.8%, sedangkan energi fossil masih memimpin dengan pengunaan terbesar yaitu 80% penggunaan energi nasional. Ini menunjukkan bahwa ketergantungan indonesia terhadap energi fossil semakin besar sedangkan rasio elektrivitasi indonesia masih 92.80%. Disamping terus bertambahnya penduduk indonesia yang semakin banyak, tentu membuat kebutuhan energi semakin besar, tingkat konsumtifitas meningkat dan ketergantungan akan energi fossil tak dapat kita bendung lagi.
Tentu Sobat tahu dampak penggunaan energi fossil diantaranya meningkatnya suhu lautan, pemanasan global, mencairnya tudung es dikutub, pencemaran lingkungan berkepanjangan, dan perubahan iklim.
Selama bertahun-tahun kita melepas karbon monoksida ke atsmosfir dengan menggunakan bahan bakar yang berasal dari fossil seperti batubara, gas bumi dan minyak bumi. Hal ini menyebabkan meningkatnya suhu bumi dan perubahan iklim. Merevolusi energi menggunakan energi yang terbaharukan, yang lebih bersih, dan berkelanjutan merupakan langkah strategis untuk meminimalisir dampak yang terjadi akibat energi fossil. Dengan memfokuskan energi untuk beralih ke Energi Terbaharukan, Memanfaatkan energi dari Energi bersih harus terus dilakukan dan diperbesar untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat indonesia.
Indonesia menargetkan peluang tercapainya penggunaan energi terbaharukan akan mencapai 23% ditahun 2025, sedikit demi sedikit pemerintah sudah mulai fokus untuk beralih ke Energi Terbaharukan, tetapi sebagai masyarakat kita harus terus membantu mengawal kebijakan ini agar energi terbaharukan dapat di gunakan semaksimal mungkin.

Photo Source: www.esdm.go.id

Menurut data diatas penggunaan Energi Bersih Terbaharukan kita baru mencapai 14.941 MW, data diatas merupakan penggunaan energi bersih gabungan dari Energi MikroHidro dan Energi Surya. Tentu sangat jauh jika kita bandingkan dengan negara jepang yang telah memasang 990 MegaWatt hanya bersumber dari energi tenaga surya. Ini menunjukkan masih banyak ketertinggalan penggunaan energi bersih di Indonesia dibanding beberapa negara di Asia, maka dari itu pemanfaatan sumber energi terbaharukan perlu dimaksimalkan di Indonesia dan untuk meminimalisir dampak dari energi fossil tidak hanya energi Mikro Hidro dan Surya sebagai sumber energi terbaharukan tetapi harus memanfaatkan seluruh sumber daya bersih yang ada di Indonesia.
Membaharukan energi dengan beralih dari energi fossil ke energi bersih terbaharukan juga berdampak untuk membaharukan negeri. Dengan membaharukan energi kita menyiapkan cadangan energi bersih untuk di gunakan di masa mendatang, Membaharukan energi juga mengurangi dampak perubahan iklim yang ditimbulkan akibat polusi penggunaan energi fossil. 
Dengan memanfaatkan, menjaga, dan mengembangkan sumber daya energi bersih akan memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat dan merubah perubahan iklim di Indonesia dan dunia.
Mari Barukan Energi, Barukan Negeri demi terciptanya Sumber energi bersih bagi Negeri.


Salam Barukan Energi, Barukan Negeri.



Yoga Pratama
@yogpratam
#15HariCeritaEnergi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Energi Panas Bumi Indonesia

Hallo Bosku! Kemarin di #15HariCeritaEnergi BangYog ngebahas tentang pemanfaatan panas bumi di Indonesia dan Dunia. Kali ini abang bakal ngebahas mengenai panas bumi Indonesia dan tantangannya dalam pengembangannya. Energi panas bumi sebagai energi terbaharukan masih memerankan posisi penting di Indonesia. Potensi Panas bumi di Indonesia mencakup 40% potensi panas bumi di dunia atau 28.910MW, Ini merupakan potensi terbesar yang di miliki Indonesia. Dengan terus memaksimalkan dan mengembangkan sumur-sumur panas bumi yang belum di produksi di masa yang akan datang, Indonesia akan memiliki fondasi penting dalam sektor energi terbaharukan dengan memanfaatkan energi panas bumi.  www.esdm.go.id Dari data di atas hanya 1.403,5 MW yang sudah terpasang dan terproduksi, masih ada 1.590 MW PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang masih belum terbit izin/persiapan lelang, dan 3.210 MW belum berproduksi yang tersebar dari pulau sumatera hingga timur maluku. Sebelum membahas

Merangkai Mimpi, Bersinergi

Bonjour People! Mimpi adalah rangkaian cita-cita yang menjadi nyata jika disertai usaha, Mimpi setiap insan manusia memang tak ada batasnya begitu juga usaha kita. Pada akhirnya insan yang bisa meraih mimpi adalah ia yang mampu bertahan dan berusaha sejauh ia menggantungankan cita-citanya. Tulisan ini akan menceritakan salah satu rangkaian mimpi saya hingga hari ini. Berawal dari awal tahun 2017 saya mengikuti kompetisi #15HariCeritaEnergi yang diadakan Kementrian ESDM RI. Kompetisi ini merupakan kompetisi menulis tentang energi terbaharukan selama 15 hari berturut-turut. Selama beberapa bulan seleksi dari 400 peserta terpilih 10 finalis dari berbagai daerah, Saya menjadi satu-satunya peserta dari Kalimantan yang lolos pada saat itu dan kemudian di undang untuk menghadiri International Clean Energy Forum (ICEF) 2017 untuk menghadiri Youth Forum dan rangkaian tes selanjutnya yaitu presentasi tulisan. Saat Presentasi di ICEF 2017. Saya mengambil tema tentang memb

Day 1 IEA Forum, Menghirup Kenikmatan Di kota Paris

Denting jam terus bergulir, Abang sudah menyiapkan segala perlatan untuk memulai perjalanan panjang sejauh 14 jam ke benua biru. Berangkat dari Balikpapan abang menuju Surabaya kemudian menembus kota pahlawan menuju ke Kabupaten Malang untuk menghadiri undangan pernikahan salah satu Duta Wisata Malang yang dulu juga satu keluarga Duta wisata seluruh Indonesia, Tak lama di Malang, Abang hanya 2 hari kemudian kembali ke bandara Surabaya untuk terbang menuju ibu kota. Ahh, Suasana yang sudah biasa ketika sampai di Jakarta, Macet, Ramai dan padat. Keberangkatan abang memang baru esok hari, Sengaja memang untuk stay di Jakarta agar penantian beberapa bulan lalu berjalan sesuai rencana. Penantian setelah melewati gempuran mencari ide, Merangkai kata dalam tulisan, serta melakukan aksi yang sekaligus hobi yang sukses di tahap pertama. Di tahap kedua #15HariCeritaEnergi mengulas tulisan lewat presentasi yang diuji oleh juri dari berbagai kompetensi yang akhirnya membuat salah sat