Langsung ke konten utama

Ini Nah, Negara Pengguna Energi Matahari Terbanyak di Dunia!

Hallo Bosku!

Begitu besar Energi yang di sediakan oleh alam di dunia. Matahari yang terus bersinar, Angin yang terus berhembus, Air yang terus Mengalir, dan masih banyak lagi energi terbaharukan yang dapat kita maksimalkan. Energi matahari merupakan salah satu energi terbaharukan yang wajib kita maksimalkan. Kebutuhan akan energi di seluruh dunia semakin lama semakin besar, polusi udara akibat penggunaan energi fossil juga semakin meningkat. sudah saatnya kita beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan. Energi surya menjadi salah satu solusi mainstream yang sudah di kembangkan sejak lama di seluruh dunia. Indonesia memiliki potensi itu tetapi masih belum dapat berjalan masimal, Berkaca dari masalah tersebut beberapa negara ini dapat memaksimalkan penggunaan energi surya di negaranya.
Ini dia 6 Negara terbanyak dalam memanfaatkan energi surya:

6. Perancis
Tentu sobat tahu perancis di kenal dengan keindahan menara eiffelnya. Di balik itu perancis hanya menggunakan 6% dari total potensi energi di negaranya dalam penggunaan energi fossil, Nuklir memiliki porsi besar di negara ini sekitar 75% kebutuhan energi perancis di tobang oleh ini. Sedangkan Energi bersih terbaharukan mengambil porsi 19% dari total kapasitas pembangkit listrik di negara itu. Termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Matahari juga masuk dalam bauran pembangkit yang memanfaatkan energi terbaharukan di Perancis. Pembang Listrik Tenaga Matahari di perancis menghasilkan energi listrik sebesar 5.678 MegaWatt.

Panel Surya di Avignonet-Lauragais di Wilayah Widi-Pyrenees, Perancis.

5. Amerika serikat
Salah satu Negara adidaya di dunia ini memiliki harga yang sangat kompetitif dalam harga jual listrik yang di produksi menggunaka energi fossil dan terbaharukan sehingga pemakaian energi dari matahari akan terus meningkat pesat. Dalam menggunaka energi matahari, Amerika serikat terus meningkatkan produksi energi sebesar 30% dengan total investasi lebih dari 240 Triliyun rupiah. Amerika serikat menghasilkan energi listrik sebesar 18.317 MegaWatt yang bersumber dari tenaga matahari.
Sun-Flower Di Amerika Serikat.

4. Italia
Selain memiliki lapangan panas bumi tertua di dunia sebagai sumber energi terbaharukan. Italia juga memiliki kapasitas pemanfaatan energi matahari yang cukup besar, Dengan produksi listrik yang dihasilkan dari tenaga matahari sebesar 18.622 MegaWatt, Italia berhasil mencakupi 10% kebutuhan energi listrik di Negaranya dengan menggunakan energi matahari.
Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Castelbuono, Italia.

3. Jepang
Jepang menjadi salah satu dari 6 negara dengan produksi pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. Setelah bencana nuklir 2011 lalu jepang berkomitmen untuk lebih mengembangkan energi terbaharukan. Menariknya jepang memiliki Panel Surya terapung yang menghasilkan energi listrik sangat besar sekitar 13.7 MW di hasilkan dari pembangkit listrik di kota Yamakura jepang ini. Total produksi energi matahari sebagai energi listrik di jepang mencapai 23.409 MegaWatt. Walaupun jepang tidak memiliki ruang terbuka yang banyak  Produksi energi tenaga matahari juga salah satu yang sangat besar di dunia.
Pembangkit Listrik Tenga Surya Terapung di Jepang.

2. Tiongkok
Ada yang unik dari pembangkit listrik tenaga surya di Tiongkok, sebuah pembangkit listrik tenaga matahari di Datong china di bangun menyerupai bentu hewan panda. Pembangkit listrik seluas 248 Hektar ini menghasilkan 3.2 miliar per jam energi surya dalam 25 tahun, dengan di bangunnya pembangkit listrik tenaga surya yang merupakan salah satu energi terbaharukan, pembangunan PLTS ini mengurangi penggunaan emisi karbon sekitar 2,74 Juta Ton. Tiongkok merupakan negara yang mengalami dampak polusi besar-besaran akibatr penggunaan energi fossil dan batu baru, pemerintah tiongkok sekarang fokus mengurangi dampak yang terjadi dengan mengurangi energi fossil dan beralih ke energi terbaharukan. Tiongkok menghasilkan 28.330 Megawatt dari produksi Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Negaranya.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Datong, China.

1. Jerman
Beberapa hari lalu BangYog sempet bahas tentang potensi energi panas bumi jerman yang relatif kecil, Namun Jerman memiliki total penghasilan energi matahari sebesar 38,250. MW dari Total 177.000 MW yang di produksi seluruh dunia. Ini merupakan produksi energi matahari terbesar di Dunia. Jerman memiliki tujuan jangka panjang salah satunya yaitu mengandalkan sumber energi terbaharukan untuk menghasilkan listrik termasuk energi matahari dan di tahun 2050 rencananya jerman akan memenuhi 100% kebutuhan energi listrik dengan sumber energi terbaharukan.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Jerman.

Enam Negara di atas merupakan negara penghasil energi surya terbesar di dunia, tapi tau ga sih ada juga negara di benua afrika dan Indonesia pun memiliki potensi yang sangat besar untuk mengahasilkan energi listrik tenaga surya, Berikut infonya:

Maroko adalah salah satu negara yang bergantung pada energi impor, mereka mengimpor lebih dari 91% dari kebutuhan energinya. Namun jika terus bergantung pada impor energi maroko yakin mereka tidak dapat bertahan, Maroko akhirnya mulai membangun PLTS sejak tahun 2016. Maroko membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan luas sekitar 30 km persegi. Maroko merupakan negara yang tidak memiliki cadangan energi di Afrika, ini mendorong pemerintah mencari energi alternatif sebagai penopang kebutuhan energi di negaranya. Dengan enegrgi matahari yang melimpah dan dapat bersinar optimal proyek pembangunan PLTS ini di perkirakan mampu menyediakan pasokan listrik untuk 1,1 juta orang, dan diperkirakan rampung pada tahun 2018. Jika proyek ini selesai maroko akan menjadi negara denga produksi listrik tenaga matahari terbesar di dunia.

Pembangkit Listrik Tenaga Matahari di Maroko.

Selain Maroko,Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Indonesia merupakan negara tropis yang menghasilkan listrik sepanjang tahun,  Indonesia berada di garis khatulistiwa sehingga potensi matahari di Indonesia cukup tinggi, karena matahari selalu ada sepanjang tahun, dengan rata-rata bersinar 6 hingga 8 jam per hari, Sedangkan rata-rata lama penyinaran ideal yang dapat memproduksi listrik pada panel surya adalah 4 hingga 5 jam per hari, Potensi energi matahari di Indonesia mencapai 11.299 GigaWatt, Potensi ini jika di manfaatkan secara maksimal akan menjadi pasokan energi listrik terbesar di dunia, Bahkan 10 kali lipat lebih besar dai yang di miliki jerman dan negara di eropa.
Dengan menggunakan energi matahari sebagai energi terbaharukan akan meminimalkan dampak negatif dari perubahan iklim, memperkokoh fondasi energi bangsa dan menjadi negara dengan produksi energi matahari terbesar di dunia. Sekarang tugas kita untuk mendukung proyek energi terbaharukan, mengawasi kebijakan pemerintah untuk berpihak akan energi terbaharukan, dan pemerintah juga harus mulai fokus memaksimalkan potensi yang ada serta mempermudah regulasi akan pembangunan energi bersih terbaharukan.

ohya, www.esdm.go.id juga menyediakan info energi terbaharukan di direktorat EBTKE loh!

Kurangi Penggunaan energi fossil dan Gunakan energi terbaharukan mulai dari sekarang. Lingkungan aman polusi, Kita Hemat Energi!

Salam Energi,


Yoga Pratama
@yogpratam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Energi Panas Bumi Indonesia

Hallo Bosku! Kemarin di #15HariCeritaEnergi BangYog ngebahas tentang pemanfaatan panas bumi di Indonesia dan Dunia. Kali ini abang bakal ngebahas mengenai panas bumi Indonesia dan tantangannya dalam pengembangannya. Energi panas bumi sebagai energi terbaharukan masih memerankan posisi penting di Indonesia. Potensi Panas bumi di Indonesia mencakup 40% potensi panas bumi di dunia atau 28.910MW, Ini merupakan potensi terbesar yang di miliki Indonesia. Dengan terus memaksimalkan dan mengembangkan sumur-sumur panas bumi yang belum di produksi di masa yang akan datang, Indonesia akan memiliki fondasi penting dalam sektor energi terbaharukan dengan memanfaatkan energi panas bumi.  www.esdm.go.id Dari data di atas hanya 1.403,5 MW yang sudah terpasang dan terproduksi, masih ada 1.590 MW PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang masih belum terbit izin/persiapan lelang, dan 3.210 MW belum berproduksi yang tersebar dari pulau sumatera hingga timur maluku. Sebelum membahas

Merangkai Mimpi, Bersinergi

Bonjour People! Mimpi adalah rangkaian cita-cita yang menjadi nyata jika disertai usaha, Mimpi setiap insan manusia memang tak ada batasnya begitu juga usaha kita. Pada akhirnya insan yang bisa meraih mimpi adalah ia yang mampu bertahan dan berusaha sejauh ia menggantungankan cita-citanya. Tulisan ini akan menceritakan salah satu rangkaian mimpi saya hingga hari ini. Berawal dari awal tahun 2017 saya mengikuti kompetisi #15HariCeritaEnergi yang diadakan Kementrian ESDM RI. Kompetisi ini merupakan kompetisi menulis tentang energi terbaharukan selama 15 hari berturut-turut. Selama beberapa bulan seleksi dari 400 peserta terpilih 10 finalis dari berbagai daerah, Saya menjadi satu-satunya peserta dari Kalimantan yang lolos pada saat itu dan kemudian di undang untuk menghadiri International Clean Energy Forum (ICEF) 2017 untuk menghadiri Youth Forum dan rangkaian tes selanjutnya yaitu presentasi tulisan. Saat Presentasi di ICEF 2017. Saya mengambil tema tentang memb

Day 1 IEA Forum, Menghirup Kenikmatan Di kota Paris

Denting jam terus bergulir, Abang sudah menyiapkan segala perlatan untuk memulai perjalanan panjang sejauh 14 jam ke benua biru. Berangkat dari Balikpapan abang menuju Surabaya kemudian menembus kota pahlawan menuju ke Kabupaten Malang untuk menghadiri undangan pernikahan salah satu Duta Wisata Malang yang dulu juga satu keluarga Duta wisata seluruh Indonesia, Tak lama di Malang, Abang hanya 2 hari kemudian kembali ke bandara Surabaya untuk terbang menuju ibu kota. Ahh, Suasana yang sudah biasa ketika sampai di Jakarta, Macet, Ramai dan padat. Keberangkatan abang memang baru esok hari, Sengaja memang untuk stay di Jakarta agar penantian beberapa bulan lalu berjalan sesuai rencana. Penantian setelah melewati gempuran mencari ide, Merangkai kata dalam tulisan, serta melakukan aksi yang sekaligus hobi yang sukses di tahap pertama. Di tahap kedua #15HariCeritaEnergi mengulas tulisan lewat presentasi yang diuji oleh juri dari berbagai kompetensi yang akhirnya membuat salah sat